Keajaiban Musik

KEKUATAN MUSIK


Musik berbicara pada emosi dan membuka pintu hati kita. Musik dapat menenangkan jiwa,merelaks tubuh dan dapat menyatukan diri ke dalam hasrat dan impian. Musik dapat menerobos pikiran sadar dan membiarkan masuk ke alam bawah sadar dimana perasaan dapat diekspresikan. Beethoven memandang musik sebagai perantara kehidupan indrawi dan jiwa.
Musk dapat meningkatkan daya hidup dan melepaskan kelelahan,dan musik juga dapat meningkatkan dan menyeimbangkan suasana hati. Musik dapat membantu memfokuskan pikiran dan menginspirasi untuk berkreasi. Seperti halnya bernafas,musik juga bisa sebagai alat bantu ntuk meredakan stres. Banyak sekali manfaat psikologis hanya dengan mendengarkan musik,seperti tanaman yang dirangsang oleh musik klasik akan tumbuh lebih besar dan berproduksi lebih banyak daripada tanaman yang tidak mendapatkan rangsangan.
Seperti tumbuhan dan hewan linkungan yang merangsang pendengaran akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita. Kita sering keluar dari irama alami kita,ilmu pengetahuan menyebutnya “stres”,bahkan secara tidak sadar kita selalu menggunakan terminologi musik untuk melukiskan perasaan,seperti “tidak sinkron”, “tidak selaras”, atau “tidak harmonis” terhadap tubuh dan lingkungan. Di dunia yang serba teknologi ini akal sehat kita digempur oleh berbagai macam kebisingan yg bisa merubah irama tubuh – yang sering tidak alami sepanjang hari,dengan musik,irama-irama alami dalam tubuh akan direfresh.
Musik dengan irama tertentu dapat memberikan relaksasi dan ketenangan fisik karena dominasi pola gelombang otak alfa yang menurut temuan peneliti psikologi sangat erat kaitannya dengan meditasi. Tempo musik juga berpengaruh terhadap detak jantung,tekanan darah dan dapat mengurangi hormon penyebab stres. Dalam beberapa kasus musik bahkan dapat menggantikan pengobatan medis. Dengan mendengarkan musik klasik selama 30 menit bisa menghasilkan efek yang sama dengan 10 mg valium.
Musik berpengaruh pada kondisi fisiologis dan psikologis karena musik dapat memotong proses mental kita. Kita tidak bisa melepaskan getaran musik dari tubuh kita,meskipun pikiran kita mengabaikannya atau kita tidak mendengarkan musik secara aktif,karena getaran dan suara musik ini masih memasuki tubuh tanpa kita sadari. Seiring dengan detak jantung,denyut nadi,nafas dan sistem saraf dapat menyerap getaran. Musik dengan hentakan yang keras dan kuat akan berpengaruh pada irama internal kita. Seperti entakan gendang yang mewakili dan menirukan detak jantung,karena musik itu sendiri adalah perpaduan irama begitu pula detak jantung yang merupakan perpaduan kontraksi antara sistol dan diastol,kedua aktivitas ini dikendalikan oleh sistem saraf simpatis dan parasimpatis dimana keduanya dipengaruhi oleh gelombang suara dan musik. Musik jelas merupakan sumber daya untuk hidup,bertumbuh dan belajar.

MENGEKSPLOR SUARA,IRAMA,MELODI DAN MUSIK

Suara + Irama + Melodi = Musik

Suara adalah warna dasar dari musik. Dalam tubuh suara berhubungan dengan sistem saraf pusat. Jika eksplorasi suara ini untuk anak-anak maka tujuan menciptakan suara sudah barang tentu bukan untuk menghasilkan “musik yang indah” tetapi untuk memelihara ekspresi diri,karena semua suara yang dihasilkan bisa disebut musik jika terefleksi dengan pencarian yang kreatif dan perasaan jujur.
Irama memberikan ketukan pada suara,menyiapkan dan mengaturnya. Jika irama dianalogikan ke dalam sebuah lukisan maka irama bisa dikatakan gerakan keseluruhan atau aliran komposisi. Di dalam tubuh irama berkaitan dengan irama internal yaitu denyut dan pernafasan. Jika ketukan musik cepat maka detak jantung akan mulai mengikutinya. Jika kita lelah mendengarkan musik yang menghentak maka tubuh akan mendapatkan semangat darinya. Sebaliknya jika kita mendengarkan irama musik yang lambat maka akan mendapatkan ketenangan batin.
Melodi berkaitan dengan emosi. Melodi adalah bagian musik yang dapat mengekspresikan seluk beluk pengalaman seseorang. Melodi masuk ke dalam hati dan perasaan. Melodi dapat mengangkat semangat,menenangkan disaat stres, atau membangkitkan keharuan. Jika kita kembali kepada metafora lukisan maka melodi adalah perasaan menyeluruh yang dibangkitkan oleh lukisan ketika kita memandangnya. Apakah lukisan itu menarik,menciptakan perasaan damai,bergairah,tertekan atau tidak nyaman?. Melodi mengubah suara menjadi pernyataan yang personal dan unik.
Ekspresi musik adalah sarana yang sangat mudah karena musik dapat meningkatkan kualitas seluruh aspek kehidupan. Terserah kita bagaimana kita mengeksplorasi hal yang mengagumkan ini

Iklan

Tentang unnanoche

I was born yesterday..and I feel as gulible today
Pos ini dipublikasikan di musik. Tandai permalink.

4 Balasan ke Keajaiban Musik

  1. yanuangga berkata:

    kalau dangdut termasuk keajaiban musik gak ya

    • unnanoche berkata:

      musik yang saya tulis di sini sifatnya universal. Tidak terpaku pada satu genre musik tertentu. Setiap genre musik akan memberi pengaruh yang berbeda beda pada pikiran dan tubuh. Jadi ketika kita memilih musik pertimbangkan lah efeknya secara menyeluruh. Terimakasih

  2. JuNee berkata:

    Keep Bloging never ending, nice for newbie bloger 🙂
    tambahin bro informasi tentang Authornya ateuh, biar lebih jelas ini teh blogsnya siapa ?
    keep posting, CMIIW.

    Plz visit to http://juneexc.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s