Bakat dan Impian Anak

berhentilah berupaya untuk menyempurnakan anak,tetapi teruslah berupaya untuk selalu membangun dan menyempurnakan hubungan dengannya. dr henker

everyone has a dream. whats your? unnanoche

Setiap orang tua atau siapapun yang pernah berhubungan dengan anak,kita pasti tahu bahwa setiap anak mempunyai watak dan kemampuan serta minat-minat tertentu yang berbeda antara yang satu dengan lainnya. Kita semua dilahirkan dengan semua bakat ini. Hanya dengan menghormati dan menghargai mimpi anak,maka sesungguhnya kita telah menjadi pengasuh atau orang tua yang mampu merawat mereka dengan baik.

Impian adalah visi batin mengenai apa hidup kita kelak.

Impian adalah cetakan dalam hati yang mengarahkan kita pada tujuan hidup kita. Mimpi juga dapat membangkitkan gairah untuk terus hidup. Mimpi bisa kita analogikan sebagai jangkar yang kita pegang ketika kehidupan mulai berubah menjadi suatu pergumulan atau ketika tampak suram.

Impian akan terungkap secara bertahap. Lalu bagaimana kita mengenali satu mimpi diantara semua mimpi kita,yang akan menentukan arah tujuan hidup kita?

> kita bisa mengenali impian karena mimpi akan menyingkapkan dirinya sendiri berulang kali melalui dorongan yang kuat dari dalam hati,kemampuan dan minat bawaan kita.

Impian sering kali menghilang seiring pertumbuhan seorang anak. Kita dan sistem pendidikan pada umumnya hanya menghargai ketaatan,ketimbang mengikuti dorongan batin seseorang. Bukankah kita ingin agar anak kita mencapai perkembangan potensi sepenuhnya?

Mari kita amati impian anak,mari kita bantu mereka untuk memunculkan impiannya.

Dampak Impian

Individu yang dengan keberaniannya untuk menghidupkan

impian adalah mereka yang telah memberikan sumbangan besar bagi kebudayaan dan peradaban kita. Pribadi mereka memiliki visi,impian dan kreativitas. Semua kualitas ini terpelihara oleh dorongan dari dalam – dari batin mereka, bukan dorongan dari luar,sekolah atau keluarga. Kita sedang mencari dorongan batin ini dari anak-anak kita.

> Mari kita ketahui dan ungkap impian hidup mereka,karena ini akan berdampak pada masyarakat dan dunia. Hal yang tidak kita bayangkan sebelumnya.

Harus Peduli

Saat ini anak diseluruh dunia semakin tertekan,kesepian dan berperilaku kasar. Kasus-kasus seperti bunuh diri,stress,tindakan penyerangan,kecemasan, gangguan pola makan dan gangguan pola belajar sangat tinggi. Kecenderungan ini bersifat global tidak terbatas pada masalah budaya,masyarakat,agama,sekolah dan keluarga tertentu saja. Mengapa bisa terjadi? Kita berupaya agar anak kita selamat dari perilaku semacam ini,tetapi kita sering menyangkal kepribadian mereka,kita selalu meminta mereka untuk melakukan yang kelihatannya aman,ketimbang sesuatu yang sebenarnya yang mereka inginkan. Akibatnya banyak dari mereka yang kehilangan harapan. Bagaimana mungkin anak kita akan menemukan visi dan mengalami impian mereka jika kita membiarkan mereka mati rasa dan kehilangan harapan? Yang sejatinya visi dan mengalami impian itu merupakan tujuan hidup mereka…

> Rubah kecenderungan ini dengan mengenali,membangun dan mengaktifkan impian mereka.

Yang diperlukan adalah..

Pendekatan baru untuk menjalani peran sebagai orang tua,membimbing dan menjadi sahabat bagi anak,selain itu tanggung jawab dan revolusi peran orang tua terletak pada individu masing-masing – – anda dan saya. Kita lah yang dapat merubah cara memperlakukan anak kita . Kita lah yang dapat mendorong terjadinya perbaikan dalam memperlakukan anak kita. Inilah revolusi orang va melalui kesadaran dan kepekaan yang baru. Untuk memutus rantai kecenderungan global yang mengarah pada tindak kekerasan dan sikap agresif dibutuhkan kedamaian batin dan hasrat yang besar. Kedamaian batin akan membawa kita berhubungan dengan impian,hal ini dapat membantu menyebarkan hasrat untuk menjalani hidup.

Kita dapat membantu anak mendapatkan impiannya dengan

1. Perhatikan dan berdayakan bakat unik serta kecerdasan alami mereka.

2. Pelihara kedamaian dan keselarasan batin.

3. Ciptakan suasana dimana impian dapt terungkap.

Impian Yang Muncul dan Terungkap

Watak yang unij dari setiap anak dengan kecenderungan diri dan kegemaran pribadi sudah ada sejak lahir. Watak anak menunjukan siapa mereka melalui cara mereka dalam menjalani kehidupan setiap hari serta bagaimana mereka berinterakri dengan orang lain. Dengan mencocokan dan memperhatikan pertanda kecil dengan bakat dan keterampilan pribadi anak yang kita lihat maka kita telah membangun jalan setapak yang melalui mimpinya sang anak bisa terekspresi. Untuk mengasah bakat anak gunakanlah keterampilan kita untuk menemukan apa yang berkembang dalam diri anak,kembangkan minat dan kelebihannya. Dibutuhkan kesadaran orang tua untuk memperhatikan minat anak. Semua tanda,watak,emosi dan kecerdasan sebenarnya sudah ada didepan mata kita. Mampukah kita melihatnya dengan jelas?. Beberapa anak menyadari bakat mereka melalui mimpi sejak awal,namun umumnya mimpi terungkap pada masa puber dan keterungkapan ini dapat memberi suatu kesadaran akan tujuan hidup yaitu dia bergerak maju dalam segala hal. Tidak ada logika untuk menjelaskan pengetahuan batin. Perasaan ini dialami langsung,emosional dan intuitif..

Bakat anak akan terungkap tergantung pada sifat dasar mereka dan pengasuhan yang mereka terima. Impian dapat melampaui semua praktik sosial meskipun semua faktor ini memberikan kontribusi pada mimpi dan memberikan konteks bagi munculnya impian. Bakat membutuhkan jalan lebar untuk mengekspresikannya. Kita tidak dapat mengatakan “tidak” terhadap cetak biru bakat bakat kita tanpa menanggung rasa ketidakpuasan dan keterasingan. Sebaliknya kita dapat mengenali impian sebagai inspirasi yang mempengaruhi pada arah hidup kita.
> Impian akan memberdayakan anak secara positif

James Hillman berkata,” anak mencoba untuk menjalani dua kehidupan sekaligus pertama kehidupan yang mereka bawa sejak lahir,kedua kehidupan dimana tempat orang-orang yang mereka masuki dalam lingkungannya”
Tidak ada seorang pun dari kita dapat hidup tanpa bakat. Menolak bakat atau hidup tanpa impian adalah suatu masa depan yang menakutkan. Tidak memiliki sesuatu apapun yang dapat memberikan inspirasi akan membuat kita seperti bejana kosong. Maka pernyataan siapa diri kita akan menguap!! akan gersang!!
Mari kita mulai dengn suatu gerakan radikal. Tulisan ini fokusnya adalah harga diri,pemberdayaan dan keutuhan rumah tangga. Kita awali revolusi peran orang tua dengan sesuatu yang baru katakan bahwa menjadi orang tua berarti menciptakan lingkungan dan menyediakan kunci yang dapat memfasilitasi hubungan seorang anak dengan bakatnya. Mulailah dengan filosofi baru…cinta adalah kunci untuk membuka hati,dan di dalam hatilah ada mimpi yang akan memandu setiap kehidupan. Perubahan akan terjadi jika kita selalu menyatukan dan membulatkan tekad pribadi yang kuat. Salah satu dari kita harus mulai…. Mau bergabung dengan saya?

Tentang unnanoche

I was born yesterday..and I feel as gulible today
Pos ini dipublikasikan di parenting. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s