Wali Sanga Hanya Dongeng

Wali 9 hanya dongeng dalam tradisi Jawa. Meskipun ada tokoh sejarah seperti Sunan Gunung Jati,Sunan Giri dan Sunam Ampel,sementara yg lainnya diragukan keberadaannya. Dari dongeng tersebut Islam lebih unggul sebagai kekuatan magis dari ajaran agama terdahulunya (Buddha). Islam yang menyebar ke Asia Tenggara adalah Islam Sufi yang berorientasi mistik,karena cocok dengan alam rohani masyarakatnya dan selalu terintegrasi dengan banyak kepercayaan setempat. Bagaimanapun penghayatanya… Islam tetap dominan di sini sampai sekarang.

Kenapa harus ada Wali Allah? Yahudi berpengaruh disini,ada Sistim Kerahiban. Sistim Kerahiban adalah yang menyebabkan pemujaan terhadap guru yang dianggap sebagai Wali Allah lalu ada karangan yang menaqib guru tersebut dengan cerita2 ajaib. Saya hanya menyikapi cerita ajaib itu sebatas memperkokoh kepercayaan dan penghayatan agama semata. Di Eropa pun sama! Ada St Patric,St George,St Wilibrodus dan St Elizabeth yang juga melakukan hal hal ajaib karena ada kesukaran untuk menyesuaikan ilmu,kepercayaan dan penghayatan. Dimanapun jaman peralihan agama selalu kacau jadi cerita cerita ajaib selalu terkait didalamnya.

Ada yang lebih penting dari keajaiban Wali Sanga. Mengapa dlm masa peralihan agama tsb ada konflik raja Brahman dgn rakyatnya,mengapa ada persaingan antara kosmopolitan pesisir dgn isolasionisme agraris dan mengapa perubahan sosial,ekonomi dan politik yg terjadi bisa terbawa sampai sekarang. Dan akan seperti apakah Islam Indonesia? Seperti yang dulu atau ke Islam mainstream?

Iklan

Tentang unnanoche

I was born yesterday..and I feel as gulible today
Pos ini dipublikasikan di religi dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Wali Sanga Hanya Dongeng

  1. SUN CLORELA FAUNISA berkata:

    Yah Islam Itu Macem-macem, Tapi toh ada MUSLIM yang kaga percaya ama ulama islam tapi justru tokoh barat yang jelas agama lain malah ia percaya
    mereka senantiasa tidak mempercayai ulama-ulama dari kalangan muslim sendiri
    namun mereka lebih memihak dan memakai kata-kata (dalil) yang keluar dari mulut orang barat yang jelas berbeda agama ….. gak salah tuh….. masya allah .. Astaghfirulloh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s