ragtime

Ragtime

ragtime Piano mulai diterbitkan pada tahun 1890 akhir. Ini segera sukses dan mengalami berbagai macam populerisasi, hampir semua yang terus berlanjut. Saat itu (dan) kadang-kadang bermain cepat dan dangkal, dengan sengaja masih irama, pada piano berdenting – begitu banyak sehingga sulit untuk meyakinkan beberapa pendengar bahwa komponis ragtime awal adalah melodists sangat berbakat dan pengrajin serius yang menghasilkan mengagumkan tubuh seni musik.

Pada dasarnya ragtime piano keyboard musik yang Gilbert Thomas mengatakan merupakan versi “Afro-Amerika dari Polka.” Suatu tempat di latar belakang musik adalah gaya berbaris Sousa, sehingga komposisi ragtime pertama besar, Maple Leaf kain, oleh komposer ragtime pertama besar, Scott Joplin, dibangun pada empat melodi, atau tema. Jika kita menetapkan surat untuk setiap tema, struktur Maple Leaf kain keluar untuk ABACD. Dalam ragtime, tema ini adalah enam belas langkah seperti rekan-rekan Eropa mereka.

Ada alasan untuk percaya bahwa badan kaya terinspirasi musik Afro-Amerika didahului ragtime, meskipun tidak ada rekaman dari tahun-tahun. Tentu cakewalk, sebuah tari Afro-Amerika awalnya berdasarkan parodi, elegan bergaya tata krama sopan Selatan putih, mendahuluinya, dan ada cakewalk diterbitkan musik, meskipun penerbit di masa itu tidak cukup yakin bagaimana untuk menunjukkan ritme yang benar. Tapi ragtime diperkenalkan, dalam aksen melodi yang kanan, sinkopasi menyenangkan ke irama 2 / 4 oompah berat bass yang diturunkan dari cakewalk dan hampir seketika menjadi semacam nasional menggila, bahkan di seluruh dunia.

Komposisi ragtime pertama benar diterbitkan oleh William Krell disebut “kain Mississippi” pada tahun 1897. Tom Turpin, yang pertama kali diterbitkan komposer Afrika Amerika menulis “The kain Harlem” di tahun yang sama. Selama inti dari popularitas Ragtimes awal, sejumlah komposer bergabung sebagai suara dari bentuk musik, yaitu James Scott, Louis Chauvin, Joseph Anak Domba dan Scott Joplin.

Sedikit yang diketahui dari pengembangan awal Ragtime, namun jelas bahwa itu muncul setelah bertahun-tahun evolusi di bagian akhir abad kesembilan belas. Ragtime telah ditelusuri untuk penyanyi menunjukkan dan cakewalks sejak 1895. The cakewalk, berasal dari Karibia, tiba di Amerika Serikat sebagai bentuk musik sinkopasi berdasarkan sebuah perjalanan, yang polka dan dua langkah. Setelah Ragtime muncul sebagai bentuk musik unquiet, itu menjadi basis yang kuat untuk musik yang terbentang di depan itu, jazz.

Pada awal 1900-an, Ragtime tidak lagi yang dilakukan oleh seorang pianis solo. Kecil orkestra, band militer dan combo piano-banjo adalah antara rekaman awal Ragtime, yang menambahkan unsur-unsur yang menyinggung band dansa populer dari Dixieland, New Orleans dan gaya Swing belum dikembangkan. Suara musik individu didirikan di Amerika, itu adalah era menarik perkembangan dan perubahan.

Tahun-tahun awal

Setelah 1871 keluarga Joplin pindah ke Texarkana, Texas dan ibu Scott bekerja sebagai pembersih rumah sehingga Scott dapat mempunyai tempat untuk berlatih bermain musik. Pada 1882 ibunya membeli sebuah piano. Scott menunjukkan bakatnya sejak masih muda sekali, dan ia mendapatkan pelajaran piano gratis dari seorang guru musik Jerman, Julius Weiss, yang memberikannya pengetahuan yang lengkap tentang bentuk musik klasik. Di tahun-tahun belakangan hal ini terbukti sangat berguna baginya, dan mendorong ambisinya untuk menciptakan bentuk “klasik” dari jenis musik ragtime. Ia belakangan melanjutkan pendidikan musiknya dengan belajar di George Smith Sedalia, dan mendalami komposisi.

Pada akhir 1880-an Joplin meninggalkan rumahnya untuk mulai hidup mandiri. Ia mungkin bergabung atau membentuk berbagai kuartet dan kelompok musik lainnya dan berkeliling di barat tengah untuk menyanyi. Apa yang diketahui ialah bahwa ia menjadi bagian dari sebuah kelompok penghibur kulit hitam di Texarkana sekitar 1891. Pada 1895, Joplin berada di Syracuse, New York, menjual dua lagunya, Please Say You Will dan A Picture of Her Face.

Namun, meskipun ia banyak bepergian, rumahnya tetap di Sedalia, Missouri tempat ia mulai tinggal sejak 1894, dan bekerja sebagai pianis di klub Maple Leaf dan Black 400. Keduanya adalah klub sosial kulit hitam untuk orang-orang terhormat.

Sukses

Hingga 1898 Joplin telah berhasil menjual enam karya musik untuk piano. Dari keenamnya itu, hanya Original Rags, sebuah kompilasi dari nata-nata yang ada yang ditulisnya bersama orang lain, yang menampilkan musik ragtime. Lima karyanya yang lain adalah dua nyanyian (yang disebutkan sebelumnya), dua other five were two songs (mentioned previously), two lagu mars, dan sebuah waltz.

Pada 1899,Scott Joplin menjual karyanya yang kelak menjadi paling terkenal, “Maple Leaf Rag” kepada John Stark & Son, seorang penerbit musik di Sedalia, Missouri. Joplin menerimia royalti sebanyak satu sen untuk masing-masing kopinya dan sepuluh eksemplar untuk digunakannya sendiri. Diperkirakan bahwa Joplin memperoleh $360 per tahun untuk karyanya ini selama hidupnya.

Maple Leaf Rag membuat nama Joplin menjulang ke puncak daftar pemusik ragtime dan membuat ragtime menjadi terkenal sebagai sebuah bentuk musik.

Dengan reputasi nasional yang meningkat karena keberhasilan “Maple Leaf Rag”, Joplin pindah ke St. Louis pada awal 1900 bersama istrinya yang baru, Belle. Sementara tinggal di sana antara 1900-1903, ia menghasilkan beberapa dari karyanya yang paling terkenal, termasuk The Entertainer, Elite Syncopations, March Majestic dan Ragtime Dance.

Joplin beberapa kali menikah. Barangkali istri yang paling dicintainya adalah Freddie Alexander yang meninggal pada usia 20 tahun, hanya dua bulan setelah pernikahan mereka, akibat komplikasi flu. Karya pertama yang didaftarkan hak ciptanya setelah kematian Freddie, Bethena (1905), adalah sebuah waltz ragtime yang sangat sedih dan secara musikal kompleks.

Setelah gagal selama berbulan-bulan, Joplin terus menulis dan menerbitkan karyanya. Pada masa itu, sebelum musik rekaman diciptakan, dia adalah komponis lembaran musik yang paling laku. Dengan kerja kerasnya, Joplin menghasilkkan opera yang tidak dikenal namun mendapatkan hadiah, yaitu “Treemonisha”. Catatan musik untuk sebuah opera ragtime sebelumnya oleh Joplin, “A Guest of Honor”, hilang.

Penyakit

Joplin ingin bereksperimen lebih jauh dengan komposisi-komposisi seperti Treemonisha, namun pada 1916 ia menderita akibat-akibat dari sifilis yang mematikan. Ia belakangan menderita dementia, paranoia, kelumpuhan dan gejala-gejala lainnya. Meskpun demikian, ia merekam enam gulungan piano tahun itu — Maple Leaf Rag (untuk label Connorized dan Uni-Record), Something Doing, Magnetic Rag, Ole Miss Rag, dan Pleasant Moments (semuanya untuk Connorized). Semua ini hanya segelintir rekaman permainannya yang kita miliki, dan menarik karena Joplin menambahkan variasi yang memperindahnya dalam permainannya. Sebuah kopi yang bertahan dari lembaran ‘Pleasant Moments’ masih belum ditemukan. Dikatakan bahwa sifat yang tidak merata dari sebagian gulungan piano Joplin, seperti halnya rekaman-rekaman Maple Leaf Rag yang disebutkan di atas, mencatat sejauh mana kemunduran fisiknya yang disebabkan oleh sifilis. Namun ketidakberaturan ini mungkin pula disebabkan oleh teknologi yang pritimif yang digunakan untuk mencetak gulungan-gulungan itu.

Pada pertengahan Januari 1917 Joplin dirawat di rumah sakit di RS Negara Manhattan di New York City, dan teman-temannya menceritakan bahwa kadang-kadang ia mendadak mendapat ilham lalu cepat-cepat menuliskan baris-baris musiknya sebelum semuanya itu hilang. Joplin meninggal di sana pada 1 April 1917. Kematiannya tidak muncul diberitakan di suratkabar karena dua alasan: ragtime segera dikalahkan oleh musik jazz dan dalam beberapa hari kemudian AS terlibat dalam Perang Dunia I. Ia dikebumikan di Makam St. Michael di bagian Astoria dari Queens.

Lembaran terbitan musik Joplin, termasuk naskah-naskah yang tak pernah diterbitkan, menurut wasiat Joplin ditinggalkan kepada temannya dan pelaksana wasiatnya, musikus dan komponis Wilber Sweatman. Sweatman menyimpan kertas-kertas ini dengan hati-hati dan dengan murah hati memberikan kepada orang-orang yang menanyakannya. Namun malangnya lembaran-lembaran itu hanya sedikit, karena musik Joplin dianggap sudah basi. Setelah kematian Sweatman pada 1961 lembaran-lembaran ini terakhir kali diketahui disimpan di gudang dalam sebuah pertempuran hukum di antara para ahli waris Sweatman. Kini di mana kertas-kertas itu berada tidak diketahui; juga tidak ada yang tahu apakah kertas-kertas itu masih ada atau tidak.

Namun, ada sebuah penemuan penting pada 1971 — salinan gulungan piano dari “Silver Swan Rag” yang telah hilang, yang dibuat sekitar 1914. Lagu ini tidak pernah diterbitkan dalam bentuk lembaran musik pada masa hidup Joplin. Sebelumnya, karyanya yang diterbitkan secara anumerta adalah “Reflection Rag”, yang diterbitkan oleh Stark pada 1917 dari sebuah naskah yang lebih tua yang disimpannya.

Warisan

Musik Joplin tetap populer selama bertahun-tahun kemudian. Adaptasi Marvin Hamlisch untuk lagu ragtime Joplin “The Entertainer” mencapai tempat ke-3 dalam tangga 100 lagu paling top majalah Billboard pada 1974, dan muncullah minat yang jauh lebih luas dan mendalam terhadap ragtime umumnya dan Joplin khususnya.

Ironisnya, minat ini muncul dari aransemen Hamlisch dan pertunjukan musik ragtime Joplin dalam film yang populer dan pemenang Hadiah Oscar, The Sting, yang berlatar belakang tahun 1930-an, jauh setelah puncak masa ragtime.

Pada 1974 Kenneth MacMillan menciptakan sebuah balet untuk Royal Ballet, Elite Syncopations, berdasarkan lagu-lagu oleh Joplin, Max Morath dan lainnya. Balet-balet ini masih dipertunjukkan sesekali.

Scott Joplin mempunyai bintang di St. Louis Walk of Fame.

Iklan

Tentang unnanoche

I was born yesterday..and I feel as gulible today
Pos ini dipublikasikan di musik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s