European Jazz

Bentuk yang lebih tradisional Jazz Amerika berakar pada budaya Afro-Amerika, terutama blues, jazz Eropa menggabungkan elemen rakyat daerah sendiri serta akar yang kuat dalam musik klasik termasuk impresionis seperti Debussy, serialists seperti Berg dan seniman avant-garde seperti Varese.

Dari Skandinavia ke pengaturan pastoral Britania, Jazz Eropa membedakan dirinya dari gaya Amerika dengan spektrum yang lebih luas budidaya musik yang dapat disebut jazz. Mulai liar, dari jazz bebas sopan drummer Denmark Han Bennink ke sensibilitas pop ekonomis pianis Esbjorn Svensson; dari impresionisme abstrak pianis John Taylor ke jazz avant-garde dari gitaris Marc Ducret; dari gaya kreatif modern drummer Daniel Humair ke jazz ruang bebas dari Stephan Oliva / Francois Raulin; Jazz Eropa mewakili berbagai budaya yang lebih luas yang menerima keragaman yang lebih besar pada musik improvisasi.

Meskipun Jazz Eropa awalnya tumbuh dari sebuah penghormatan bagi pendamping Amerika selama bertahun-tahun, berkembang menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda. Bahkan genre umum seperti Jazz Gratis menerima perlakuan yang sangat berbeda, lebih cenderung ke arah abstraksi total; ada anarkisme agresif Brotzmann Petrus, sisi lembut dari Derek Bailey dan Evan Parker, dan ketidaksopanan lengkap Wolfgang Dauner.

Penonton lebih bebas dengan gaya Eropa.dengan daya tarik bagi banyak seniman jazz Amerika, termasuk Dexter Gordon dan Chet Baker, yang beremigrasi sana pada 1950-an. Sementara dunia telah menjadi tempat yang lebih kecil, keterbukaan Jazz Eropa dan penonton masih mendefinisikan sebagai entitas yang berbeda dan unik.

Iklan

Tentang unnanoche

I was born yesterday..and I feel as gulible today
Pos ini dipublikasikan di musik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s