Thailand dan Usaha Coup d’Etat

PERISTIWA dalam usaha kudeta di Thailand sering terjadi. Berawal di tahun 1932 ketika kekuasaan kerajaan yang absolut di rubah menjadi kerajaan yang konstitusional. Perebutan kekuasaan di Thailand di lakukan dengan jalan kekerasan atau “nonkonstitusional”

Ada 3 unsur yang melaterbelakangi usaha kup ini

1 Pola tradisional Thailand (Ayuthia) abad 16 di mana perubahan kekuasaan dengan jalan kekerasan adalah menjadi “pola politik tradisional”. Tidak ada yang lebih legitim kecuali sukses itu sendiri artinya yang kuat jadi pemenang ,penentu dasrnya adalah fisik dan tipu muslihat.

2 Tidak ada keseimbangan antara kekuasaan birokrasi dan lembaga-lembaga masyarakat. Birokrasi terlalu kuat,semua keputusan politik,perkembangan masyarakat dan negara melulu ada di tangan pemerintah. Keadaan ini menimbulkan…..

3 Birokratik polity artinya kemudi masyarakat dan negara hanya di pegang birokrasi dan militer (atas/elit). Dua kalangan ini terdapat rivalitas,para tokoh dan pengikutnya saling berkompetisi. Dana yang ada dan terbatas merupakan dasar bagi kekuatan politik dan militer,sebagai penentu kedudukan seseorang dalam birokratik polity.

dengan kata lain pusat politik bukan lagi di alun-alun melainkan di istana.
ada keanehan di sini,setiap perubahan yang terjadi tidak membuat Thailand lebih demokratis,tidak merubah struktur birokrasi atau militer,hanya personalnya saja yang berubah dan ganti.

Mudah-mudahan gonjang-ganjing yang sekarang bisa membawa Thailand ke arah yang lebih demokratis,ya… demokratis yang sesungguhnya.

Tentang unnanoche

I was born yesterday..and I feel as gulible today
Pos ini dipublikasikan di politik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s