Nu Jazz

Nu jazz adalah menggabungkan instrumentasi hidup dengan beats asli jazz (dicontohkan oleh St Germain Prancis, Jerman dan FILA Jazzanova Brazillia dari Inggris) untuk lebih ngejazz dengan unsur-unsur elektronik (seperti dari The Cinematic Orchestra dari Inggris, Belgia PhusionCulture, Kobol duo Meksiko, dan jazz “Norwegia” ciri yang dipelopori oleh Bugge Wesseltoft, jaga Jazzist, Nils Petter Molvær dll.

Nu jazz biasanya jauh melenceng ke wilayah elektronik daripada sepupu dekatnya, jazz acid (atau jazz groove), yang umumnya lebih dekat dengan funk , soul, dan rhythm and blues, meskipun ada bahasan yang mencatat seperti seniman jazz groove & smooth seperti Groove Colective, dan Pamela Williams yang bersilang pendapa antara gaya dan style. Nu jazz bisa sangat eksperimental di alam dan dapat sangat bervariasi dalam suara dan konsep. Suara itu, tidak seperti sepupunya yang Acid Jazz, berangkat dari akar blues dan bukannya mengeksplorasi suara elektronik dan sensualitas smooth jazz. Nu Jazz “adalah musik itu sendiri dan bukan ketangkasan individu para musisi.”

unsur-unsur Nu Jazz Jazz sering di padu-padankan dengan tekstur tradisional dan musik elektronik modern dan improvisasi bebas, dengan demikian, musik yang benar-benar dapat berkembang menjadi sangat bervariasi dari seniman untuk seniman. Gaya dapat mencakup ritme rusak, harmoni tanpa nada, dan melodi improvisasi. Matius Shipp dan lain-lain menunjukkan gayasebagai “jazztronica” atau “elektro-jazz”.

Sejarah

Nu jazz muncul dari penggunaan instrumen elektronik pada tahun 1970-an karya dari tokoh-tokoh seperti Miles Davis, Herbie Hancock, dan Ornette Coleman. Awal 1980-an Hancock dengan Bill Laswell, khususnya membikin project, seperti album Future Shock, yang diantisipasi dalam penggabungan elektro dan irama hip-hop. Awal di era 80-an sampai akhir, banyak musisi hip-hop bekerja dalam gaya rap jazz – di antara mereka, Gang Starr, The Roots, A Tribe Called Quest, dan Nas. Juga di tahun 1980-an, musisi house banyak mengambil inspirasi dari musik jazz, terutama pasca-bop dan funk jazz.

Pada pertengahan tahun 90-an-dan awal 2000, musisi dari irama down tempo, St Germain, DJ takemura, Perry Hemus dan Jazzanova mulai menggali lebih dalam jazz. Pada periode yang sama, produsen cerdas break dance – yang paling terkenal Squarepusher dan Spring Heel Jack, dan kemudian London Elektricity dan mulai berminat akan musik ini. Techno musisi, seperti Laurent Garnier, Carl Craig dan Innerzone proyek Orchestra, juga menyentuh nu jazz. Beberapa tokoh dari hardcore digital dan Breakcore, terutama Alec Empire, Nic Endo, dan Venetian Snares, telah mengeksplorasi varian, lebih keras noiser pada gaya. Satu dekade kemudian, beberapa produsen dubstep, seperti Boxcutter, juga menjelajahi jazz elektronik.

Sementara masih merangkul bentuk tradisional Jazz, pianis Bugge Wesseltoft dan terompet Nils Petter Molvær dikenal karena gaya nu jazz improvisasi mereka. Cinematic Orchestra juga dikenal untuk menggabungkan sebuah band jazz tradisional sedangkan unsur elektronik masuk ke dalam produksi musik mereka.

Label

Thirsty Ear adalah label rekaman yang dirilis oleh seniman rekaman Nu Jazz banyak. Ini termasuk William Parker, Antipop Konsorsium, Tim Berne, Meat Beat Manifesto, Mob Sex, Nils Petter Molvaer, Matthew Shipp, Craig Taborn, DJ Spooky, dan Spring Heel Jack.

Nu Jazz juga sering dikaitkan dengan Ninja Tune, karena banyak seniman Nu Jazz di sambangi label musik. Seniman menandatangani untuk Ninja Tune termasuk The Cinematic Orchestra, Funki porcini, The Herbaliser,

Tentang unnanoche

I was born yesterday..and I feel as gulible today
Pos ini dipublikasikan di musik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s