Intuisi

Menurut konsultan dan psikolog Nur Cahyo Adikusumo, intuisi merupakan sesuatu bergerak dalam alam pikiran yang harus disikapi dengan baik dengan diwujudkan dalam bentuk sebuah keputusan.
Ada perbedaan spesifik antara feeling, firasat dan intuisi. Feeling hanya sebuah asumsi dalam perasaan.
Sementara firasat tingkatannya lebih jauh karena apa yang ada di kepala sudah bukan asumsi lagi tapi sebuah keyakinan meski tidak atau belum diimplementasikan dalam sebuah tindakan.
Adapun intuisi adalah tindakan yang kita lakukan dari sesuatu yang kita rasakan. Intuisi adalah instrument yang bisa di asah kepekaannya apabila kita mempunyai keseimbangan antara heart (hati), head (pikiran) dan hand (perilaku).

Dengan intuisi yang kuat maka otomatis tiap keputusan merupakan aktifitas yang terkontrol dan bertanggung jawab. Dalam bisnis keputusan yang diambil mempunyai konsekuensi yang besar. Oleh karena harus tak ada keraguan di dalamnya.

bagaimana menciptakan atmosfir positif dalam membuat keputusan bisnis. Sehingga tiap keputusan yang diambil bisa berimplikasi baik pada bisnis yang dijalankan.

1. Ciptakan proses keberanian, jangan ciptakan keraguan.
2. Jangan terpaku pada target, ketika target tercapai maka maka ubahlah pola pandang, bahwa apa yang dicapai itu barulah awal masih ada proses lanjutannya.
3. Luangkanlah waktu sejanak untuk hobi. Orang yang tidak punya hobi cenderung mempunyai emosi berlebihan.
4. Membiasakan untuk menulis apa hal-hal positif yang kita lakukan tiap harinya. Dengan demikian secara tidak langsung kita menciptakan knikmatan kita sendiri. Karena kenikmatan itu sebenarnya itu tidak datang tapi diciptakan.
5. Jangan melupakan ibadah. Karena bagaimanapun juga Tuhan instrument paling penting dalam hidup ini.

MENGASAH INTUISI SERTA MELATIHNYA

Pertama : Coba menjelaskan suatu peristiwa sebelum peristiwa itu benar-benar terjadi .

Contoh bila anda mengadakan suatu pertemuan dan anda di antara sekian banya orang di sekeliling anda. coba perhatikan dan amati suasan hati mereka,sedih atau gembira ,gunakan intuisi anda untuk menjelaskannya.

Kedua; Dengan tehnik inkubasi, berpura-pura menjauhi masalah dengan berlibur,berjalan-jalan atau beristrahat, Terkadang ide muncul ketika anda sedang istrahat ,di manapaun,ingatlah hukum Archimides muncul ketika Archimides melepas lelah di bak mandi ketika kesulitan..

Jika anda rutin dan terus melatihnya dengan metode yang anda kembangkan sendiri ide-ide kreatif yang akan membuat anda sukses akan muncul dengan sendirinya…

Semoga sukses….

Iklan

Tentang unnanoche

I was born yesterday..and I feel as gulible today
Pos ini dipublikasikan di motivasi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s