Proklamasi Dalam Dinamika Sejarah Dunia

Pada bulan Agustus kita biasanya memperingati proklamasi dari sudut perjuangan rakyat dan para pemimpin nasional. Dalam tulisan ini proklamasi akan di lihat dari sudut pandang lain,yaitu dinamika sejarah dunia.

Perang Dunia 1

PD 1 adalah peristiwa besar di mana babak sejarah baru di mulai. Pertama sekutu menang atas Jerman dan Hunggaria. PD1 mengakibatkan revolusi komunis di Rusia dan berbagai revolusi di eropa. Sampai pada akhirnya Wilson presiden Amerika Serikat pada waktu itu menyatakan “setiap bangsa berhak atas nasibnya sendiri”.
PD1 juga sangat berpengaruh di negara asia,meski pun tidak secara langsung. PD1 memberi kesempatan kepada Jepang dalam memperluas pengaruhnya (khususnya di Cina) maka timbulah apa yang di sebut “4th movement” dari berbagai elemen Cina,di sinilah para pemimpin terbentuk diantaranya revolusioner,cendikiawan,komunis,demokrat dll. Cina juga kecewa terhadap eropa,karena dalam perjanjian Versailles,,Cina tidak mendapatkan tempat yang layak.
PD1 berdampak besar pada Indonesia,selama perang Belanda terputus dengan koloninya,ini berakibat : “Indonesiasi” sebagai langkah awal seluruh jabatan di pegang oleh pribumi.
Dari semua ini pergerakan nasional mendapat input yang sangat dinamis. Dampak lain yaitu konsep kedaulatan rakyat lahir,bermula dari Hindia Belanda sangat memikirkan pertahanan koloninya. “Indie Werbeer” yaitu pertahanan efektif dan murah adalah dengan melibatkan rakyat pribumi dan para nasionalis berpendapat bahwa rakyat berhak atas hak-hak politik sebagai wujud atas partisipasi politik,kemudian terbentuklah Volkraad yaitu lembaga semi parlemen,yang berhak mengusulkan UU tetapi tidak berhak menolak UU,wakil Volksraad di pilih oleh badan pemilu dan pemerintah . Sampai Hindia Belanda berjanji akan memberi rakyat Indonesia partisipasi yang lebih besar dalam pemerintahan kolonial,namun sampai runtuhnya Hindia Belanda janji itu tidak pernah terpenuhi (1942 Janji November).

Perang Dunia II

Dunia kolonial terbalik,ingat ketika Jepang menduduki Asia Tenggara? hanya dalam jangka waktu 3 bulan (antara 8 Desember 1941 – Maret 1942) semua penduduk sipil eropa dan militer di jebloskan dalam kamp-kamp tahanan.
Mc. Arthur mengambil strategi untuk menyerang Jepang langsung.
Jepang kalah setelah bom atom di Hiroshima dan Nagasaki di jatuhkan. Di Indonesia….dalam keadaan tak bertuan,Ir. Soekarno dan Moh. Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Begitu juga Vietnam oleh Ho Chi Min. Di lain sisi Inggris di tugaskan oleh sekutu untuk menangani Indonesia merdeka dengan Belanda,tetapi Inggris malah justru melancarkan politik dekolonialisasi di negara-negara jajahannya. Bahkan Inggris meminta pertikaian Indonesia – Belanda di seleesaikan dengan cara berunding.
Lahirlah persetujuan Linggar Jati di tahun 1946.

Inggris keluar dari penyelesaian konflik Indonesia – Belanda.
Amerika Serikat masuk.
Amerika masuk hanya bertujuan untuk menghalangi Asia agar tidak masuk ke dalam tangan komunis dengan politik “Asian Nationalism”
Lagi-lagi pertikaian Indonesia – Belanda di rundingkan,maka lahirlah apa yang di sebut Konferensi Meja Bundar di Den Haag Belanda tahun 1949 dengan kesimpulan : Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia kecuali Irian Jaya.
Pada tahun 1963 sekali lagi Amerika Serikat menekan Belanda untuk mengembalikan Irian Jaya ke tangan Republik Indonesia.

Jadi dalam sejarah Indonesia selalu di pengaruhi oleh berbagai arus gelombang dunia dan peradaban. Masalah globalisasi sebenarnya bukan lah hal yang baru bagi Indonesia.

Tentang unnanoche

I was born yesterday..and I feel as gulible today
Pos ini dipublikasikan di politik dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Proklamasi Dalam Dinamika Sejarah Dunia

  1. sin berkata:

    kurang lengkap,,butuhh nie broo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s