Al Balad

Surat ke – 90 : AL Balad – 20 ayat.

Bismillahir Rahmaanir Rahiim.
Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang.
“Mudah-mudahan saya hidup dengan Ilmu Allah, yang telah mengajar al Quran menurut Sunnah-Rasul lagi yang memberi satu kepastian hidup menurut pilihan masing-masing.

1. Laa uqsimu bi haadzal balad [i].
Sungguh Aku bersumpah dengan Negeri ini (Mekkah).
1. Tidak ada pembagian wilayah-1).

2. Wa anta hillum bi haadzal balad [i].
Dan kamu tinggal di negeri ini.
2. Dan Engkau-2) berhak memanggung NUR diatas wilayah ini.

3. Wa waalidiw wamaa walad [a].
Demi bapak dan anaknya.
3. Turun temurun sepanjang sejarah-3).

4. Laqad khalaqnal insaana fii kabad [in].
Sungguh Kami telah menciptakan manusia dalam kesusah payahan.
4. Sesungguhnya KAMI-4) jadikan manusia untuk memiliki tugas sejarah.

5. Ayahsabu anlan yaqdira ‘alaihi ahad [un].
Apakah ia menduga bahwa tidak akan ada sesorangpun yang berkuasa atasnya.
5. Apakah kiranya bahwa atas nama mereka tidak berlaku hukum sejarah?-5).

6. Yaquulu ahlaktu maalal lubadaa.
Dia berkata: “Saya menghambur-hamburkan harta yang banyak”.
6. Mereka bangga “Sistim riba peradaban megah?”-6).

7. Ayahsabu allam yarahuu ahad.
Apakah ia menduga bahwa tidak ada seorangpun yang melihatnya.
7. Apakah sangkanya bahwa diatas mereka tiada yang gagah?.

8. Alam naj’allahuu ‘ainain [i].
Bukankah Kami telah membuatkan dua buah mata baginya.
8. Bukankah KAMI-7) yang menjadikannya dua mata alat memandang?-8).

9. Wa lisaanaw wa syafatain [i].
Lidah dan dua buah bibir.
9. Dan lidah dengan dua bibir, alat percakapan?-9).

10. Wa hadainaahun najdain [i].
Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan.
10. Dan KAMI-10) berikan kepadanya satu sudut memandang-11).

11. Falaqtahamal ‘aqabah [‘aqabata].
Namun dia tidak menempuh pendakian yang berliku-liku (sulit ditempuh).
11. Maka sesungguhnyalah manusia budak ” aqabah”-12).

12. Wa maa adraaka mal ‘aqabah.
Tahukah kamu apakah pendakian yang berliku-liku itu?
12. Tahukah kamu bagaimana gerangan merombak ” aqabah” ?.

———————-

1.Ingat kepada tantangan yang bersifat arabisme, bahwa Musailamah Kaddab mengajukan pembagian wilayah untuk panggung da’wah NUR sebelah dan dia dengan da’wah Syayathinnya yang sebelah lagi, dan Utbah bin Rabi’ah dengan teori komprominya yang acak2an. Sedang tantangan Internasional yang berlandaskan ilmu Yunani ialah teori “Tafarraquu” yaitu pembagian wilayah kedalam bagian2 yang saling bertentangan didalam keseluruhannya.
2 dan 3.Ialah Muhammad turunan Quraisy yang sudah sekian abad mendominir jazirah-arab.
4.Yakni Allah.
5.Hubungkan dengan surat ali Imran : 137, Nisa : 25, Anfal : 38, Hijr : 13, Bani Israil : 77, Ahzab : 38 dan 62, Mu’min : 85, Fath : 23,Fathir : 43.
6.Hubungkan dengan surat al Baqarah : 11 dan 12 dalam hubungannya dengan surat ali Imran : 130, dan Rum : 39, dan ingat kembali uraian “IDUL FITRI Kembali hidup Menurut sistim Zakat”.
7.Yakni Allah.
8 dan 9.Hubungkan dengan surat Nahl : 78, Bani Israil : 36, Hamim sa………..

13. Fakku raqabah [raqabatin].
Yaitu memerdekakan hamba sahaya.
13. Bebaskan manusia dari tanggapan bodoh-13).

14. Au ith’amun fii yaumin dzii masghabah [masghabatin].
Atau memberi makanan pada hari (musim) paceklik.
14. Atau suguhkan makanan dikala susah-14).

15. Yatiiman dzaa maqrabah [maqrabatin].
Atau kepada anak yatim yang masih kerabat.
15. Yatim piatu yang tiada punya penanggung nafkah-15).

16. Au miskiinan dzaa matrabah.
Atau kepada orang miskin yang melarat.
16. Atau si miskin yang tidak cukup jatah-16).

17. Tsumma kaana minal ladziina aamanauu wa tawaasaau biah shabri wa tawaashau
bil marhamah [marhamati].
Kemudian ia (tidak) termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan dengan kesabaran dan saling berpesan dengan kasih sayang.
17. Selanjutnya harus ada sebagian orang ber-IMAN itu-17) untuk mengajarkan manusia agar teguh bertahan dan hidup tetap dengan “Wa’tashimuu bi habbillah”-18).

18. Ulaa-ika ashaabul maimanah [maimanati].
Mereka itulah (orang-orang yang mau menempuh pendakian yang berliku-liku itu) adalah golongan
kanan.
18. Mereka inilah pendukung sejarah indah-19).

19. Walladziina kafaruu bi aayaatinaa hum ashhaabul-masy-amah [masyamati].
Dan orang-orang yang ingkar terhadap ayat-ayat Kami, mereka adalah golongan kiri.
19. Dan mereka2 yang bertanggapan Dzulumat MS-Sy dan negatip terhadap ajaran KAMI-20) maka mereka itulah penghianat sejarah-21).

20. ‘Alaihim naarum mu shadah [mushadatun].
Atas mereka neraka yang ditutup.
20. Wujudnya mereka, kehidupan Jahannam yang terus-menerus saling musnah-22).

———————–

10.Yakni Allah.
11.Hubungkan dengan surat al An’am : 1, Nur : 35, Yasin : 14.
12.Hubungkan dengan surat al Baqarah : 36 dan 57, ali Imran : 14 dan 117, A’raf : 7, 159,161 dan 176, Taubah : 80, Nahl : 33 dan 118, al Ankabut : 40 dan Rum : 9.
13.Hubungkan dengan surat Nahl : 125, Qishash : 87, Muzzamil dan Muadatsir, dalam arti memenuhi “Sami’na”.
14.Ingat Hadits :”Kaadal faqru an yakuuna kufran” artinya, Hampir2 kemiskinan itu menginjak kekufuran. “Doa-ul madzlum maqbul”, artinya, harapan orang2 yang ter-aniaya adalah sasaran pemantapan. Dan perlu di ingat, bahwa nilai pemberian disini harus berfungsi “Bismillah….” dengan sikap penerimaan “Alhamdulillah……..”.
15. dan 16.Hubungkan dengan surat ali Imran : 177 dan Taubah : 60 dan ingat kembali “Idul Fitri kembali hidup….”.
17.Hubungkan dengan surat Taubah : 122 dan Muzzammil : 20.

18.Hubungkan dengan surat ali Imran : 64,103,112 dan Fath : 29, ialah Dinul Islam atau organisasi Islam.
19.Hubungkan dengan surat al Baqarah : 201, A’raf : 156, Nahl : 41 dan 112, dsb, dengan ungkapan surat Waqi’ah : 8 dan 27-40.
20.Yakni ajaran Allah yaitu AQMSR.
21.Hubungkan dengan surat Anfal : 71 dan Haj : 37 dengan ungakapan2 Waqi’ah : 9 dan 41-56.
22.Hubungkan dengan surat al Baqarah : 36 dalam hubungan dengan surat ar Rahman : 26-28, dengan kesimpulan surat Humazah : 8-9

Tentang unnanoche

I was born yesterday..and I feel as gulible today
Pos ini dipublikasikan di 1. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s