Al Ghasyiah

Surat ke – 88 : AL Ghasyiah – 26 ayat.

Bismillahir Rahmaanir Rahiim.
Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang.
“Mudah-mudahan saya hidup dengan Ilmu Allah, yang telah mengajar al Quran menurut Sunnah-Rasul lagi yang memberi satu kepastian hidup menurut pilihan masing-masing.

1. Hal ataaka hadiitsul ghaasyiyah [Ghaasyiyyati].
Telah datangkah kepadamu (berita) hari Kiama?
1. Maukah kamu-1) diceriterakan peristiwa ke ahir sesudah-2) satu.

2. Wujuuhuy yauma-idzin khaasyiah [khasyi’atun].
Pada hari itu beberapa muka terhina.
2. Kehidupan, menurut satu pilihan, kedalam kesudahan meratap gundah-3).

3. ‘Aamilatun naashibah [naashibatun].
Bekerja lagi susah payah.
3. Yaitu laku perbuatan yang penuh musibah-4).

4. Tashiaa naaran haamiyah [hamiyatun].
Masuk api (neraka) yang panas.
4. Bagaikan kehiduan yang sedang di amuk si jagi merah-5).

5. Tusqaa min ‘ainin aaniyah [aaniyatin].
Diberi minum dari mata air yang sangat panas.
5. Ibarat buih di air mendidih-6).

6. Laisa lahum tha’aamun illa min dharii’ [‘in].
Bagi mereka hanyalah makanan dari duri.
6. Seperti pesta sejenis hidangan yang basi mentah-7).

7. Laa yusminu wa laa yughnii min juu’ [‘in].
Yang tidak menggemukkan dan tidak menghalau lapar.
7. Betapapun laparnya tiada orang sudih menjamah-8).

8. Wujuuhuy yauma-idzin naa’imah [naa’imatun].
Pada hari itu beberapa muka berseri-seri.
8. Ada lagi wujud kehidupan ke dalam kesudahan yang penuh gairah-9).

9. Li sa’yihaa raadhiyah [raadhiyatun].
Puas karena usahanya.
9. Hasil usaha kemantapan hidup menurut Allah-10).

10. Fii jannatin ‘aaliyah [‘aaliyatin].
Dalam surga yang tinggi.
10. Bagaikan taman ditasik merimbun tiada terkalah-11).

11. Laa tasma’u fiihaa laaghiyah [laaghiyatan].
Di dalamnya kamu tidak mendengar omong kosong.
11. Tiada lagu saling membantah-12).

12. Fii haa ‘ainun jaariyah [jaariyatun].
Di dalamnya ada mata air yang mengalir.
12. Penaka jamuan gadis pelayan sama berpesta saling meriah-13).

13. Fiihaa sururum marfuu’ah [marfuu’atun].
Di dalamnya terdapat persada yang ditinggikan.
13. Bagaikan hotel bersusun siap menampung yang tiada berumah-14).

14. Wa akwaabum maudhuu’ah [maudhuu’atun].
Dan gelas-gelas yang teratur.
14. Dimana gelas bersusun menghidang ramah-15).

———————

1.Istilah “Kamu” ialah sasaran kepada Nabi Muhammad, Rasul Allah dan mereka2 yang mendukungnya.
2.Istilah “keahir sudah” ialah kesudahan hidup menurut masing2 pilihan dan ingat benar2 bahwa persoalan Sa’ah terdiri dari Sa’ah Sugra dan Kubraa…
3, 4, 5, 6, 7 dan 8. Sasaran kata ( tujuan pembicaraan) disini ialah yang bertanggapan Dzulumat dan atau aduk2an MS-Sy, dan bandingkan dengan ungkapan2 surat Shaffat : 60-68, Waqi’ah : 41-56, Qalam : 5-33, al Haqqah : 25-39, Mursalat : 13-40 dsb.
9, 10, 11, 12, 13 an 14. Sasaran kata disini ialah Mukmin dan Muslim dan bandingkan dengan ungkapan2 surat ar Rahman :46-78, Waqi’ah : 10-40, Qalam : 34 dan 35, Insan : 5-22, Mursalat 41-44, Naba : 31-36, Muthaffifin : 18-29, dsb.
15.-Idem dengan foot note 9.

15. Wanamaariqu mashfuufah [mashfuufatun].
Dan bantal-bantal yang tersusun.
15. Dan bantal bersusun bagi siapa yang mau merebah-16).

16. Wa zaraabiyyu mabtsuutsah [mabtsuutsatun].
Dan permadani-permadani yang terhampar.
16. Pula Permadani silih berganti menghampar meriah-17).

17. Afalaa yanzhuruuna ilal ibili kaifa khuliqat.
Apakah mereka tidak memperhatikan terhadap unta, bagaimana ia diciptakan.
17. Tidakkah dilihat, betapa Onta dicipta hebat-18).

18. Wa ilas samaa-i kaifa rufi’at.
Dan terhadap langit, bagaimana ia ditinggikan.
18. Dan semesta betapa wujudnya tersusun bertingkat?-19).

19. Wa ilal jibaali kaifa nushibat.
Dan terhadap gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan.
19. Juga gunung, untuk apa disusun berjejer erat?-20).

20. Wa ilal ardhi kaifa suthihat.
Dan terhadap bumi, bagaimana ia didatarkan.
20. Pula bumi, mengapa bentuknya gepeng bulat?-21).

21. Fadzakkir innamaa anta mudzakkir [un].
Maka peringatkanlah (mereka), karena kamu hanyalah soang pemberi peringatan.
21. Maka binalah manusia untuk hidup sadar, sesungguhnya engkau hanya penyadar-22).

22. Lasta ‘alaihim bimushaithir [in].
Kamu sekali-kali bukanlah seorang pemaksa.
22. Bukan salahmu jikalau mereka balik berputar-23).

23. Illa man tawallaa wa kafar [a].
Hanya saja orang yang berpaling dan kafir.
23. Kecuali yang demikian tanggung jawab mereka yang membangkang yaitu orang yang bersikap ingkar-24).

24. Fa yu’adzdzibuhullaahul adzaabal akbar [a].
Maka Allah akan menyiksanya dengan siksaan yang paling besar (hebat).
24. Maka menurut pilihannya kelak mereka dijerumuskan Allah kedalam hidup serba sukar-25).

25. Inna ilainaa iyaabahum.
Sesungguhnya kembalinya mereka kepada Kami.
25. Sesungguhnya dengan ajaran laknat dari KAMI-26) mereka menyudahi hidup-27).

26. Tsumma inna ‘alainaa hisaabahum.
Kemudian sesungguhnya atas Kami-lah hisab mereka.
26. Ahirnya, sungguh sesuai dengan pilihannya itu kelak akan KAMI-28) kutuk.

———————

16 dan 17. Sasaran kata disini ialah Mukmin dan Muslim dan bandingkan dengan ungkapan surat ar Rahman : 46-78, Waqi’ah : 10-40, Qalam : 34 dan 35, Insan : 5-22, Mursalat : 41-44, Naba : 31-36, Muthaffifin : 18-29 dsb. Dan Istilah “merebah ialah tidur.
18.Hubungkan dengan surat ali Imran : 14, al An’am 141-144, dsb.
19,20 dan 21.Hubungkan dengan surat ar Raad : 2-4, Fushilat : 9-12, Mulk : 3-5, Syams : 1-6, dsb.
22.Ingat istilah “Zikir” sama dengan Da’wah menurut garis Sami’na yang terbagi kepada dua rukun yaitu “Rattil” dan “Tahajjud”.
23.Istilah “Balik berputar” ialah alih bahasa dari yang meliputi “Kaddaba & Tawalla” seperti tersebut pada surat Bayyinah : 1, juga meng-istilahkan “Kafaru min ahlil kitabi wal musyrikiin”.
24.Istilah “Ingkar” ialah alih bahasa dari “Kafaraa”, idem dengan foot noot 23.
25.Istilah “serba sukar” = tidak ada sedikitpun yang mudah, atau sangat sukar, seperti yang dimaksud oleh istilah “Dabunsyadid”, dalam surat al Baqarah : 165,196 dan 211, dsb.
26 dan 28. Ialah Allah ar Rahman ar Rahim.
27.Hubungkan a.l. debgan surat ar Rahman : 26-28 secara umum

Tentang unnanoche

I was born yesterday..and I feel as gulible today
Pos ini dipublikasikan di 1. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s